Wednesday, February 13, 2008

Dia Dos Namorados

Saya baru baca sebuah website, ternyata di negara negara tertentu hari valentine ga hanya jatuh pada tanggal 14 Februari.
Menurut informasi blog tersebut di Barzil hari valentine tanggal 12 Juni dan dikenal dengan nama "Dia dos Namorados" = "Boyfriend' /Girlfriend's Day".Sedangkan di Kolumbia mereka merayakannya pada bulan September yang diberi nama "Amigo secreto" = "Sobat Rahasia", karena sipemberi hadiah Valentine tidak boleh memberitahu identitas nya. Sedangkan di Tiongkok, Chinese Valentine atau "Qi Shi" yang berarti "Double seven", karena ini dirayakan tepatnya pada tgl tujuh bulan tujuh penanggalan Imlek. Budaya ini berasal sejak jaman Disnati Han (206 SM - 220 M).

Di Jepang maupun di Korea mereka menamakan Hari Valentine = "Giri-choco", sebab pada hari tersebut para perempuan diwajibkan memberi cokelat kepada teman-teman pria sekantor atau lingkungannya. Kata Giri dalam bahasa Jepang = Wajib, sedangkan choco diambil dari kata chokoreto = cokelat. Kaum pria membalas memberikan hadiah cokelat putih atau hadiah-hadiah lainnya yang berwarna putih pada hari "White Day" yang dirayakan pada tgl 14 Maret.

Nah di Indonesia, kenapa bisa sama kayak Amerika ya. atau ada gak tanggal Islamnya untuk hari ini (kayaknya gak ada deh...hehe)

No comments: